Sabtu, Januari 25, 2014

Tips Mudah Merawat Baju

Percuma saja ukhti mengoleksi begitu banyak pakaian jika ukhti tidak tahu cara merawatnya. Pakaian mahal dan berkualitas baik sekalipun, akan cepat mudah rusak dan pudar warnya bila tidak dirawat dengan benar. Sangat disayangkan, jika ukhti harus mengeluarkan banyak uang tiap bulannya, hanya untuk membeli beberapa pakaian baru.Ukhti bisa memperpanjang usia pakaian sekaligus menghemat uang dengan mengikuti beberapa Tips Mudah Merawat Baju berikut ini :


1. Saat mencuci pakaian, baca dan ikuti petunjuk pencucian pakaian yang tertera pada label. Hindari mencuci pakaian dari rayon wol dan sutera dengan menggunakan air panas. Mencuci secara tepat dan benar, dapat memperpanjang usia pakaian. Namun jika mencucinya terlalu sering, pakaian akan lebih cepat rusak. Karena itu, jika pakaian tidak terlalu kotor dan bau, cukup digantung dan diangin-anginkan saja.

2. Pilihlah jenis hanger (gantungan baju) dengan kualitas terbaik. Jangan menggunakan hanger terbuat dari bahan kawat karena bisa merusak bentuk asli baju.

3. Segera perbaiki bila kondisi pakaian terlihat rusak. Misalnya, menjahit kancing baju yang terlepas. Untuk memperbaiki risleting yang macet, ukhti bisa menggosokan lilin beberapa kali di sepanjang jalurnya, baik dibagian dalam atau luar.

4.Bersihkan pakaian yang terkena noda tinta sesegera mungkin. Rendam pakaian dalam cairan susu selama 1 jam. Lalu oleskan cuka putih yang telah dicampur kanji tepung jagung pada bagian yang terkena noda. Setelah campuran tersebut mengering, cuci pakaian hingga bersih.
  

5. Jika ukhti memiliki koleksi pakaian yang memunculkan bulu-bulu halus, saat mencuci pisahkan jenis pakaian ini dengan yang lainnya. Bulu-bulu ini dapat mengenai dan menempel pada busana lainnya. Simpan pakaian lama yang jarang dikenakan dalam sebuah kotak plastik kedap suara dan air. Ini untuk mencegah masuknya serangga yang dapat merusak baju. Keluarkan pakaian tersebut sesekali waktu, lalu gantung dan angin-anginkan untuk mempertahankan bentuk pakaian dan sekaligus menghindari dari kelembaban. 

6. Jangan gantung pakaian ukhti yang terbuat dari wol atau bahan rajutan. Simpan dengan cara melipatnya. Bersihkan pakaian ini setiap kali selesai dikenakan dengan menyikatnya secara perlahan menggunakan sikat berujung halus agar serat wol tidak rusak. 
   
7. Hindari penggunaan pemutih pada pakaian ukhti yang terbuat dari bahan spandex (kain elastis). Selain dapat mengubah warna asli, juga dapat mengurangi daya tahan kain, sehingga mudah robek. Jangan pula mencucinya dengan air panas karena akan merusak bahan. 

8. Pakaian yang terbuat dari bahan jeans selalu menjadi busana favorit. Agar tetap dalam kondisi yang baik dan tetap awet, cuci bahan jeans Anda dengan cara membalik bagian dalam bahan ke luar. Gunakan air air dingin untuk membilasnya untuk menjaga warna dan bentuk pakaian.

Sekian tips merawat baju ,semoga Tips Mudah Merawat Baju diatas bermanfaat bagi Ukhti.


Sumber : www.tipskomplit.com




 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Copyright © 2009 Butik SASMAYA. All Right Reserved.